Senin, 04 Maret 2013



  Bila  ananda lebih senang menggambar daripada menulis angka atau membaca buku jangan buru-buru marah, pada prinsipnya kegiatan menggambar yang dilakukan anak merupakan kegiatan belajar untuk melatih motorik halus yaitu melatih koordinasi jari dan mata.Selain itu menggambar merupakan kegiatan naluriah seperti halnya makan, minum, berbicara dan bercerita kepada orang lain.kegiataan menggambar bersamaan dengan kegiatan lain seperti memlilih dan mengenakan pakaian yang dilakukan anak..Rasa seni dimulai dengan bagaiamana anak bisa menata benda-benda di sekitarnya.


Gambar merupakan media untuk berkomunikasi dengan orang lain, misalnya : anak menggambar beberapa orang, bermaksud menceritakan sahabat, saudara, atau temannya. ketika  ditanya, anak akan menyebutkan satu persatu nama figur yang ada pada gambar. anak perempuan kana menyebutkan satu-per satu kenalannya, kadang menyebutkan kecantikannya. sedangkan anak lai-laki mencoba menjelaskan keheroikannya atau bahkan kesenanganya berteman.Kesemuanya adalah bentuk komunikasi yang intrapersonal(ada dalam bayangan anak)




Karena pengetahuan anak masih belum sempurna dan belum mampu membuat asosiasi terhadapa kondisi atau objek yang pernah dilihat maka anak lebih senang mencoret-coret apa yang ada dibayangannya.Misalnya pada coretan disamping ini, karena pada usia 3-4 tahun lingkungan yang baru dikenalnya adalah rumah dan sekolah maka anak mencoba mengkomunikasikan tentang kecintaannya pada rumah dan sekolah.


Menggambar adalah membuat gambar yang dilakukan dengan mencoret, menggores, menorehkan benda tajam ke benda lain dan memberi warna sehingga menghasilkan gambar.Anak akan merasa senang setelah menggambar karena hal itu menjadi suatu cara berkomunikasi kepada orang lain. Apalagi ketika gambar anak tersebut ditanggapi orang tua dengan pertanyaan makna dan arti seputar gambar yang dihasilkan 


Adapun  manfaat menggambar untuk anak antara lain : 

1. Menggambar sebagai alat bercerita (bahasa Visual /bentuk) 
Menggambar melatih mengutarakan pendapat, mulai pendapat yang nyata(lugas) sampai simbol yang merupakan ide atau angan-angan yang tidak dapat diungkapkan lewat kata-kata


2. Menggambar sebagai media mencurahkan perasaan
Menggambar sebagai penghubungan peristiwa dengan gambar sebagai ungkapan perasaan .Asosiasi akan semakin jelas dan nyata ketika pikiran anak mulai berkembang dari berpikir khusus (parsial) menuju berpikir nyata dan global


3.Menggambar sebagai alat bermain
 Menggambar melatih anak untuk berfantasi.fantasi yang muncul adalah bentuk-bentuk yang kadangkala aneh dilihat orang tua/ bu guru. dismping itu juga muncul gambar yang digunakan untuk bermain-main. misalnya anak bercerita tentang genderang yang seang ditabuh sambil menggambar alat pukul dan menirukan irama genderang


4.Menggambar melatih ingatan
Proses menuangkan ide ke dalam gambar memerlukan ingatan yang kuat tentang apa yang akan digambar.pola gambar ini sekaligus menandai bahwa gambar merupakan ungkapan perasaan dan gambar sebagai bahasa rupa bagi anak. kejadian ini juga melatih ank untuk mengungkapkan pengalaman yang cukup lama terjadi

5. Menggambar melatih berpikir menyeluruh
Secara garis besar dapat dirangkum bahwa anak ingis mengungkapkan peristiwa dalam suatu gambar yaitu ingin bercerita tentang robot.didalam gambar digambar tentang robot yang bertarung diatas gedung yang membuat macet mobil dibawahnya.Didalam rumah bertingkat, ada anak yang menagis karena ketakutan.Tipe gambar anak seperti ini adalah gambar yang terlihat semua isinya, seolah-olah tidak mempunyai dinding luar, atau terlihat seluruh isi dibalik dinding gedung

6. Menggambar sebagai media sublimasi perasaan
Menggambar dapat digunakan untuk mengendurkan spontasitas dan mengarahkannnya untuk mengajarkan cara berbicara.Hal ini jangan dimaknai bahwa menggambar akan menjadikan anak tidak ekspresif melainkan mengarahkan anak untuk kegiatan membaca, berbicara maupun bercerita yang dialihkan kepada gambar. kegiatan seperti ini digunakan untuk meredakan emosi spontanitas yang menghambat berbicara

7.Menggambar melatih kreativitas anak
kebiasaan anak adalah mencari  perhatian orang lain.usaha mencari perhatian ini dilakukan dengan berbagai cara, misalmembuat sesuatu yang lain dari pada yang lain. dalam hal gambar, anak akan membuat gambari itu berbeda dari gambar yang pernah dibuat. maka muncullah kreativitas mencipta karya rupa termasuk menggambar. Kretaivitas yang dapat dilatihlan pada anak adalah (1) kreativitas memilih objek (benda)tambahan, (2) mencari sesuatu yanglain dari yang lain (3) terjadi asosiasi bentuk yang menyebabkan secara konsep terbentuk kreativitas

8. Menggambar melatih ketelitian melalui pengamatan langsung
Proses menggambar bagia anak sebenarnya merupakan hasil pengamatan terhadap benda-benda yang ada dilingkungan sekitar anak tinggal seperti meja, kursi, mobil maupun benda bergerak lainnya. Sebagian anak sudah mampu mewujudkan bentuk secara setil, namun sebagian belum menunjukkan bentuk yang sempurna



Nah bunda, fasilitasi anak dengan memberikan kertas, pensil sebagai media anak untuk mencoret dan menggambar. Tak perlu kertas yahng mahal, cukup sediakan kertas bekas yang sisi luarnya masih kosong.Anak akan lebih senang bila ibunda mendampingi dan antusias dengan gambar yang ananda buat.



oleh : Ika Martianingsih


Posted by Kb TK Islam Terpadu Permata Hati Semarang On 17.58 No comments

0 komentar:

Poskan Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube